Minggu, 30 Mei 2010

Model File KomputerTerhadap Kemampuan Mengingat Ayat Al-Qur’an


Pengaruh ”Model File KomputerTerhadap Kemampuan Mengingat Ayat Al-Qur’an

oleh Istianah, S.Psi



Istianah. 2009. Pengaruh ”Model File KomputerTerhadap Kemampuan Mengingat Ayat Al-Qur’an pada Santri TPQ Miftahur Rahman Jombang. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Dosen Pembimbing: M. Lutfi Mustofa, M.Ag.

Kata kunci: ”Model File Komputer”, Kemampuan mengingat

Ingatan merupakan suatu proses dimana saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Dalam dunia pendidikan ilmu keagamaan saat ini banyak sekali berbagai metode untuk meningkatkan kemampuan mengingat terutama dalam mempelajari dan menghafal ayat al-Qur’an. Dengan tujuan agar para pesera didik mampu membaca, memahami dan mengetahui isi kandungan dari suatu ayat al-Qur’an.

”Model file komputer adalah salah satu model yang digunakan dalam menghafal al-Qur’an, yang mana model teks ditulis yaitu menggunakan sistem cerita, sistem pengganti, sistem lokasi/loci, sistem angka, dan sistem kalimat. Dalam hal ini, semua surat dalam juz 30 masing-masing surat, nama surat, arti surat dan inti kandungan surat dibuat dalam bentuk gambar untuk memudahkan visualisasi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ”model file komputerterhadap kemampuan mengingat ayat al-qur’an di TPQ Miftahur Rahman Jombang yang berlokasi di desa Jatirejo, Diwek, Bandung, Jombang. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (experiment quasi) dengan menggunakan menggunakan desain dua kelompok yaitu nonrandomized pretest-posttest control group. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sample (sampel bertujuan), sehingga didapatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah ”model file komputer” dan variabel terikatnya adalah kemampuan mengingat. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan 14 januari 2009 di TPQ Miftahur Rahman Jombang. Analisis data yang digunakan adalah uji Ranking Bertanda Wilcoxon, dengan menggunakan bantuan komputer SPSS 11,5 for windows.

Berdasarkan hasil analisa data, kecepatan mengingat pada kelompok perlakuan diperoleh nilai asym sig= 0,080, dan kelompok kontrol= 0,043. Daerah kritis adalah Ha diterima jika nilai asymp sig > nilai a, maka Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Untuk ketepatan mengingat pada kelompok perlakuan diperoleh asym sig= 0,176, dan kelompok kontrol diperoleh= 0,042. Dimana Ha diterima jika nilai asy sig > nilai a, dengan demikian maka Ha diterima yang berarti bahwa tidak ada pengaruh sebelum dan sesudah menghafal pada kelompok kontrol. Nilai asy sig untuk rata-rata kecepatan mengingat yaitu 0,251, untuk ketepatan mengingat yaitu 0,916. Dengan demikian maka Ha ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa ”model file komputer” berpengaruh terhadap kemampuan mengingat santri.

2 komentar:

  1. bagus....ne y Q sk coz anak penerus islam yang mampu menggaki alquran lbh dlm

    BalasHapus
  2. thank'mbak zahra.. mbak jg bs bergabung bersama kita disini http://makalahpsikologi.blogspot.com/search/label/Menerima%20Naskah%20Makalah

    BalasHapus