Senin, 31 Mei 2010

Proposal PKLI Industri

Proposal PKLI Industri

A. LATAR BELAKANG

Di era globalisasi di saat sekarang ini, perubahan-perubahan sangat sering dan cepat terjadi di sekeliling kita, perguruan tinggi di Indonesia yang diharapkan mampu menjadi tempat pengembangan ilmu pengetahuan serta pengembangan sumber daya manusia, khususnya bagi generasi muda Indonesia untuk lebih mampu beradaptasi, mempunyai ketahanan, mampu melakukan perubahan arah dengan cepat dan maksud kita tidak ketinggalan terlalu jauh dengan negara-negara lain. Universitas Islam Negeri Malang yang merupakan satu dari sekian banyak lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang mengembangkan ilmu pengetahuan, agama islam, teknologi, serta pengembangan hasil budaya yang bernafaskan islam turut berperan dalam proses melahirkan generasi-generasi muda yang memiliki kemampuan intelektual dan profesionalisme dalam disiplin ilmu yang dikuasai serta sesuai dengan minat dan bakat pada masing-masing individu mahasiswa.

Banyak mahasiswa yang berkeinginan kuat untuk mengaplikasikan teori-teori yang mereka dapatkan di bangku kuliah agar dapat dipraktekkan pada kehidupan nyata serta dapat dipakai di dunia kerja dan tidak lupa yang terpenting adalah pengabdian pada masyarakat baik secara langsung ataupun tidak langsung. Maka, fungsi dari lembaga pendidikan sendiri adalah mempersiapkan mahasiswa yang terampil dan profesional yang berbekal pengalaman kerja sesuai dengan bidang profesinya yang memadukan antara wawasan teoritis serta praktis yang telah mereka terapkan.

Untuk dapat mewujudkan gagasan yang telah disebutkan tadi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang menanggapi serta merespon positif dengan adanya program program program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI). Dikarenakan program ini merupakan sarana belajar praktis bagi para mahasiswa untuk mewujudkan wawasan operasional praktis yang dipelajarinya dan selama ini masih menjadi wawasan konseptual teoritis para mahasiswa.

 

B. DASAR-DASAR PKLI

Dasar pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) ini adalah

1.      Pancasila

2.      Undang-Undang Dasar 1945

3.      Peraturan pemerintah No. 60 Tahun 1990, tentang pendidikan tinggi

4.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

5.      Rapat pimpinan Universitas Islam Negeri Malang, pimpinan fakultas, dan pimpinan LPM tentang pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI).

 

C.    TUJUAN

Tujuan Umum

Diharapkan dengan pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) yang akan dilaksanakan nantinya, tujuan yang ingin kami capai adalah :

1. Melatih mahasiswa agar mampu mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di bangku kuliah

2.      Praktek secara langsung tentang setting kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan

3.      Mengembangkan wawasan dan ketrampilan tentang strategi pembelajaran, keilmuan, penelitian serta pengabdian masyarakat

4.      Meningkatkan partisipasi masyarakat industri (karyawan) dalam mengembangkan lembaga pendidikan dan social keagamaan

5.      Terbentuknya koordinasi dan komunikasi yang progresif dan sistematis antara Fakultas Psikologi UIN Malang dengan pengelola dan lembaga profesi yang terkait.

Tujuan Khusus

1.  Ingin mengembangkan ilmu, teori, dan pengalaman yang belum kami dapatkan di bangku perkuliahan sebagai upaya pengembangan diri sesuai dengan nilai (value) dan tujuan perusahaan

2.  Berkeinginan menjadi mitra dalam suatu kerjasama yang sesuai dengan disiplin  ilmu yang kami dapatkan dari bangku perkuliahan.

 

D. MANFAAT PROGRAM PKLI

Setelah program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) ini dapat terlaksana, manfaat yang diharapkan dari hal ini antara lain :

1.      Terjadinya kerjasama yang baik antara perusahaan terkait dengan pihak Fakultas Psikologi UIN Malang

2.      Menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam melihat realita serta mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari

3.      Membantu perusahaan yang sesuai kebutuhan dan keperluan sebagai wahana belajar teori dan praktek yang didapat oleh mahasiswa.

                                                                                       

E. PENAWARAN PROGRAM PKLI

  1. Base On Theory

      Yang dimaksud dari Base On Theory adalah setelah mendapatkan pengetahuan melalui proses perkuliahan, diharapkan dapat terwujud secara praktis ketika  diterapkan dilapangan. Teori yang kami peroleh adalah:

a. Training Needs Analysis

§ Organization Analysis, sebagai bahan pengambilan keputusan terhadap jumlah orang yang perlu dan segera dilatih dalam waktu dekat untuk berbagai klasifikasi pekerjaan.

§ Task Analysis, sebagai studi rinci tentang pekerjaan untuk menentukan keterampilan khusus yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

§ Person Analysis, sebagai studi tentang kebutuhan tenaga kerja dari tingkat pendidikan, pengalaman, keterampilan, sikap dan motivasi pribadi dalam pekerjaan  

b. Performance Appraisal

Adanya penilaian prestasi kerja pada karyawan sebagai sumber daya manusia yang telah ada dalam suatu perusahaan. Berdasarkan hal tersebut kami menawarkan program kepada perusahaan untuk membantu membuat sistem penilaian kerja karyawan.

Lebih jelasnya, penilaian prestasi kerja mempunyai tujuan untuk :

§ Membedakan tingkat prestasi kerja setiap karyawan

§ Menganbilan keputusan administrasi : seleksi, promosi, retention, emotion, transfer, termination, dan kenaikan gaji.

§ Pemberian pinalti seperti : bimbingan untuk meningkatkan motivasi dan diklat untuk mengembangkan keahlian.

2.  Base On Case

Apabila kami dibutuhkan untuk terlibat langsung terutama untuk menyelesaikan masalah khususnya yang menyangkut aspek-aspek psikis (mental) yang tercermin dalam prilaku

a)            Mengadakan observasi secara langsung terhadap perusahaan yang anda pimpin, yaitu dilaksanakan pada saat kami melakukan magang

b)            Mengadakan analisa dari observasi yang telah dilaksanakan

c)            Membuat laporan setelah kami melakukan observasi dan analisa serta menyerahkannya kepada perusahaan yang anda pimpin.

       3.  Pengabdian terhadap Masyarakat

    Pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud pengabdian mahasiswa ketika magang kepada masyarakat yang ada disekitar perusahaan maupun kepada karyawan yang sifatnya lebih mengarah pada keilmuan psikologi secara umum maupun keagamaan dan lepas dari kegiatan keprofesian.

 

F.     PELAKSANAAN PROGRAM PKLI

 Adapun pelaksanaan dari program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI)  yang akan kami laksanakan itu antara pada tanggal 28 Juli sampai dengan 10 Oktober 2008 sesuai dengan izin dari pihak fakultas. Untuk itu kami memohon kepada PT.ECCO Indonesia yang anda pimpim untuk bekerja sama dalam mewujudkan hal tersebut.

 

G.    JUMLAH PESERTA PROGRAM PKLI

Peserta program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) ini adalah sejumlah  2 (dua) orang mahasiswa, yang terdiri dari 1 (satu) orang mahasiswa dan 1 (satu) mahasiswi.

 

H.    PENUTUP

Demikian proposal ini kami ajukan semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya. Serta diharapkan program magang ini dapat bermanfaat dan menjalin kerja sama yang baik antara PT.ECCO Indonesia dengan fakultas psikologi UIN Malang. Untuk informasi mengenai detail data diri; pengalaman dan kemampuan kami sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan:

1.      Curikulum Vitae

2.      Kartu Hasil Studi sampai dengan semester V

3.      Sertifikat- setifikat

Besar harapan kami untuk bisa diterima PKLI ditempat Bapak/Ibu Pimpin. Demikian proposal PKLI kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar