Rabu, 08 Juni 2011

TIPE KEPRIBADIAN DENGAN MINAT AROMA PARFUM

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN MINAT AROMA PARFUM PADA
SANTRI PUTRI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-ALI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


Studi tentang konsumen dan bagaimana perilaku konsumen dalam melakukan transaksi
ternyata tidak lepas dari salah satu tahapan,yaitu tahapan minat. Minat adalah salah satu tahapan
dalam perilaku konsumen yang memiliki peran yang cukup penting. Menurut Brennan yang
dikutip oleh Susanto bahwa ada beberapa tahap secara psikologik untuk mewujudkan tingkah
laku membeli, yaitu adanya perhatian, minat, keinginan, keputusan dan perilaku1.
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktvitas
tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara
diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin
besar minat. Selain itu minat tidak dibawa sejak lahir melainkan diperoleh kemudian2.
Definisi diatas mengungkapkan bahwa minat adalah suatu rasa lebih suka terhadap
benda, hal atau aktivitas dan tanpa paksaan dari orang lain . Minat adalah salah satu tahapan
yang dapat membuat salah satu peilaku konsumtif muncul. Di dalam minat jika dipelajari
menurut Cronbach terdapat isyarat yang mmberitahukan tentang kepribadian individu dan
bagaimana individu tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Minat ternyata memiliki
hubungan yang unik dengan tipe kepribadian. Oleh karena itu, dalam psikologi perbedaan
karakteristik yang ada pada individu di kategorikan menjadi dua tipe kepribadian.


Tipe-tipe keribadian manusia dalam psikologi terutama menurut Jung dan Eysenck
adalah tipe kepribadian introvert dan tipe kepribadian ekstrovert. Tipe kepribadian introvert
adalah tipe dimana orang-orang yang perhatiannya lebih mengarah pada dirinya, atau “akunya”
dengan sifat-sifat yang menonjol seperti cenderung atau sering diliputi kekhawatiran, lebih
lancar menulis daripada berbicara, lekas malu dan canggung, cenderung bersifat radikal, agak
tertutup jiwanya dan lain sebagainya. Sementara itu, tipe kepribadian ekstrovert adalah tipe
dimana orang-orang yang perhatiannya lebih diarahkan keluar dirinya, kepada orang-orang lain
dan kepada masyarakat, dengan sifat-sifat yang menonjol seperti, lancar dalam bicara, bebas
dari kekhawatiran atau kecemasan, tidak lekas malu dan tidak cangung, ramah dan suka
berteman dan lain-lain3.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kelly yang meneliti tentang tipe-tipe
kepribadian yang berhubungan dengan minat seseorang. Bahwa berdasarkan penelitian yang
dilakukan, orang-orang akan cenderung berminat pada pekerjaan yang sesuai dengan tipe
kepribadiannya. Misalnya saja, orang-orang yang memiliki sifat atau karakteristik kepribadian
yang memiliki masalah suka mengkritik diri sendiri atau tidak percaya diri (hal ini termasuk
dalam tipe kepribadian introvert) maka akan menemukan kepuasan pada pekerjaan yang
monoton seperti ahli kimiawan dan matematikawan. Sementara itu, orang lain yang
mendapatkan kepuasan ketika menekankan pentingnya kemampuan dengan diri sendiri dalam
bekerja dan orang-orang seperti ini tidak menyukai rutunitas kerja yang sama setiap waktu.
Serta, menginginkan hasil atau tugas kerja yang penuh dengan ide asli atau orisinil (hal ini
termasuk dalam salah satu sifat dari tipe kperibadian ekstrovet) ternyata memiliki kecenderungan

memilih dan berkumpul pada pekerjaan yang memiliki tantangan seperti misalnya seperti
tukang kayu, manajer sales, guru seni, dokter dan lain sebagainya. 4
Selain itu, karakteristik kepribadian yang lain yaitu bagaimana seseorang
bersosialisasinya dengan lingkungannya ternyata juga memiliki hubungan dengan minat dalam
memilih pekerjaan. Seseorang yang dikategorikan dengan tipe kepribadian ekstrovert dengan
salah satu ciri mudah bersosialisasi ternyata rata-rata mereka berkumpul pada pekerjaanpekerjaan
sepeti tukang kayu, guru seni, sales manajer, dokter dan lain sebagainya yang lebih
sering bertemu dan melakukan kontak dengan orang lain secara aktif. Sementara yang memiliki
tipe kepribadian introvert dengan salah satu ciri lebih tertutup dalam pergaulan ternyata banyak
yang memilih bekerja sebagai contohnya kimiawan atau matematikawan yang ternyata dalam
pekerjaannya memang tidak banyak melakukan kontak sosial secara aktif dalam pergaulan di
lingkungannya. Sehingga dapat disimpulkan memang ada hubungan antara tipe kepribadian
dengan minat terutama minat memilih pekerjaan yang disukai. Karena dengan mempelajari
minat seseorang memberikan isyarat tentang kepribadiannya dan bagaimana individu tersebut
bersosialisasi dalam lingkungannya5.
Selain itu terdapat penelitian yang meneliti tentang hubungan tipe kepribadian dengan
minat khususnya minat memilih pekerjaan juga. Menurut Block dan Petersen menjelaskan
penelitian yang menguatkan adanya hubungan tipe kepribadian dengan minat terutama minat
memilih pekerjaan yang disukainya, yaitu penelitian yang dilakukan di Universitas di California
yang meneliti individu yang berminat pada pekerjaan angkatan udara dan kemudian memilih
bekerja sebagai perwira angkatan udara.

Bahwa dalam penelitian tersebut terdapat seratus perwira angkatan udara dinilai oleh
berbagai macam teknik termasuk tes dan wawancara. Psikolog klinis lalu mencatat respon
mereka menurut penilaian yang muncul pada masing-masing individu tersebut, Penilaian
tersebut berasal dari tugas mereka untuk menjawab daftar yang diberikan kepada mereka.
Daftar tersebut berisi tentang sifat-sifat yang paling sesuai atau melekat dengan diri mereka
sendiri. Misalnya, ditemukan deksripsi bahwa mereka memiliki kecenderungan dengan nilai
yang sama tingginya dengan profesi sebagai matematikawan yaitu ternyata mereka memiliki
rata-rata sifat atau karakteristik sifat-sifat seperti lebih memperhatikan masalah filosofis,
introspektif, merasa kurang dalam ketenangan sosial, kurangnya kepercayaan terhadap
kemampuan diri, selalu merasa terhina, memiliki reaksi yang buruk terhadap stress, simpatik,
dan tidak mencolok6.
Maksud dari definisi diatas, bahwa seseorang akan memilih pekerjaan seseuai dengan
kepibadiannya. Seseorang yang memilih pekerjaan yang penuh tekanan dan monoton ternyata
berkorelasi dengan karakter kepribadian yang dimiliki oleh profesi perwira angkatan udara yang
diteliti oleh Block dan Petersen bahwa mereka rata-rata cenderung bertipe kepribadian introvert,
dengan ciri-ciri kurangnya kemmapuan dengan diri sendiri, kurangnya ketenangan sosial dan
lain sebagainya.
Berdasarkan fakta, diatas hal tersebut diaplikasikan oleh pemasar kedalam minat pada
aroma parfum. Seperti telah dijelaskan diatas bahwa, mempelajari minat akan memberikan
isyarat tentang kepribadian dan bagaimana penyesuaiannya. Maka, oleh pemasar hal tersebut
diaplikasikan kedalam minat pada suatu produk.
Pemasar menggunakan konsep kepribadian unuk mengkomunikasikan produknya
sehingga memiliki suatu perwakilan diri sesuai dengan kepribadian konsumen yang dituju. Iklan

edan Soluna yang ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi selama bulan Mei 2002
menggunakan pendekatan kepribadian dalam iklan tersebut. Iklan tersebut diungkapkan dengan
kalimat “Express Your Confident Personality”. Iklan sedan BMW itu memberikan informasi
bahwa sedan BMW tersebut memiliki tiga kepribadian dengan ungkapan penjelas yaitu “The
triple Personalities” atau “tiga kepribadian” sedangkan ungkapan lain yang mendukung adalah
“Select your own personalities:elegant, luxurious, dan sporty” “pilih tipe kepribadianmu: elegan,
mewah atau sporty”. Iklan tersebut memberikan keterangan secara jelas bahwa pemasar sangat
memahami bahwa konsumen memiliki kepribadian. Pemasar menginginkan bahwa sedan BMW
tersebut sesuai dengan atau dapat merefleksikan kepribadian konsumen dengan karakteristik
elegant, luxurious, dan sporty yang dimiliki konsumen7.
Selain itu, produsen dan pemasar mobil BMW, terdapat produk lain yang salah satunya
diberikan unsur kepibadian yaitu produk parfum. Tedapat lima kategori aroma parfum yaitu,
floral notes ,fresh notes, woody notes, oriental notes, dan aromatic fougere. Produsen parfum
dan pemasar selain membedakan atas zat esensial aroma parfum yang terkandung didalamnya,
produsen dan pemasar juga memberikan unsur kepribadian pada tiap kategori aroma, sebagai
contoh aroma parfum kategori fresh notes dengan jenis aroma citrus. Sesuai namanya,
wewangian ini bersumber dari aroma buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, melon, apricot
atau raspberry. Aroma jenis ini mewakili kesan seksi, bugar dan ceria. Sehingga aroma fruity
merupakan pilihan tepat yang ditujukan bagi kepribadian secara umum optimis dalam
kehidupan, aktif, serta penuh tenaga dalam menjalani kehidupan8. Selain itu, ada pula aroma

parfum kategori floral notes dengan jenis aroma floral atau bunga sebagai bahan dasarnya,
diindiksikan bagi wanita dengan sifat-sifat kepribadian yang feminim dan anggun.9
Pemasar meyakini bahwa mempelajari minat seseorang terhadap aroma parfum tertentu
akan memberikan isyarat tentang bagaimana kepribadian dari individu yang memakai aroma
parfum tertentu, sehingga seseorang yang berkepribadian misalnya introvert akan berminat dan
memilih aroma parfum yang dapat memberikan kesan “feminim”, “anggun”, “misterius” dan
lain sebagainya. Selain itu, orang yang berkepribadian ekstrovert akan berminat dan memilih
aroma yang mewakili dirinya, seperti kesan “petualang sejati”, “ceria” dan lain sebagainya.
Walapun begitu, ternyata setelah dilakukan wawancara terhadap salah satu agen parfum
di kota Malang terutama agen parfum, bahwa minat seseorang terhadap aroma parfum ternyata
tidak berhubungan dengan bagaimana tipe kepribadian konsumen. Berdasarkan penjualan
parfum wanita yang paling diminati adalah parfum Paris Hilton for women dari Paris Hilton
dan Lovely dari Sarah Jesica Parker. Parfum Paris Hilton for women memiliki dasar aroma
fruity aromatic yang mewakili kesan ceria, ramai, segar ternyata diminati oleh berbagai tipe
kepribadian, yang seharusnya hanya diminati oleh tipe kepribadian ekstrovert saja akan tetapi
tipe kepribadian introvert juga berminat pada parfum ini.
Selain itu, untuk parfum Lovely dari Sarah Jesica Parker yang memiliki dasar aroma
floral yang berarti karakter aroma parfum yang feminim , anggun, lembut ternyata banyak
diminati tidak hanya seseorang yang berkepribadian tenang tetapi orang dengan pembawaan diri
yang ramai, cerewet bahkan beberapa konsumen laki-laki juga berminat dan memakai aroma
parfum ini.

4 komentar:

  1. "berdasarkan penjualan parfum wanita yang paling diminati adalah parfum Paris Hilton for women dari Paris Hiltondan Lovely dari Sarah Jesica Parker. Parfum Paris Hilton for women memiliki dasar aroma fruity aromatic yang mewakili kesan ceria, ramai, segar ternyata diminati oleh berbagai tipekepribadian, yang seharusnya hanya diminati oleh tipe kepribadian ekstrovert saja akan tetapi tipe kepribadian introvert juga berminat pada parfum ini"

    biasanya ada yg milih aroma parfum krn ikut2an sj.. *ini mah gk punya kpribadian :p*

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak atas infonya gan.
    Lumayan nambah pengetahuan.

    Parfum Original :
    Menyediakan berbagai macam parfum merek internasional dengan kualitas original dan aroma yang tahan lama.
    http://parfum-ori.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak infonya gan bro, mantabbss.

    Gema Parfum :
    Memilih parfum sesuai kepribadian.

    ----------------

    BalasHapus