Jumat, 07 Maret 2014

PERBEDAAN FAKTOR LINGKUNGAN BAWAAN TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DARI DAERAH ASAL

By. Miftahus Surur

BAB I
PENDAHULUAN

I.  LATAR BELAKANG
Pada dasarnya manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara mahluk-mahluk ciptaan Tuhan lainya, kesempurnaanya yang berupa akal, pikiran, perasaan, hati nurani dan hasrat untuk selalu berubah telah menjadikan manusia menjadi mahluk yang disegani diantara mahluk-Nya. Pandangan manusia sebagai mahluk yang dapat berfikir dengan baik sehingga sesuai dengan perilakunya telah mendapatkan respon tersendiri bagi individu lainnya.
Perilaku individu satu dengan individu lain sangat berbeda, salah satunya adalah lingkungan bawaan yang dapat membedakan antara individu yang berasal dari daerah satu dengan daerah lain. Konsekuensi factor lingkungan bawaan yang mendapat porsi khusus terhadap perilaku ini dapat diketahui dengan perilaku individu dalam menjalankan aktivitas ditempat atau daerah yang berbeda, sehingga hal ini akan dapat membedakan antara individu yang berasal dari daerah asal dengan daerah lain. Perilaku yang nampak dari seorang individu akan muncul ketika ia berada dalam suatu tempat atau daerah yang berbeda dari prilaku aslinya begitu juga sebaliknya.
Dalam hubunganya dengan perilaku bawaan terhadap lingkungan yang telah melekat terhadap dirinya sebagai individu yang bertingkah laku maka disini akan diungkapkan berdasarkan teori dari miller dan Dollar yang berpandangan bahwa tingkah laku manusia adalah dipelajari, karena itu untuk memahami tingkah laku social dan proses belajar social, kita harus mengetahui prinsip-prinsip psikologi belajar yang meliputi, dorongan, isyarat, tingkah laku balasdan ganjaran. Dari keempat prinsip ini sangat berhubungan satu diantara yang lain dan dapat saling dipertukarkan.
Berangkat dari teori yang didasarkan oleh Miller dan Dollar tersebut penulis tertarik untuk meneliti perbedaan prilaku individu terhadap lingkungan bawaan dengan membandingkan antara daerah asal dengan daerah individu lain. Dalam penulisan laporan ini penulis mengambil judul " Perbedaan Faktor Lingkungan Bawaan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dari Daerah Asal" dengan memfokuskan pada studi kasus mahasiswa dan mahasiswi dari daerah yang berbeda yang sedang studi di Universitas Islam Negeri (UIN)  Malang.
II. RUMUSAN MASALAH
1. Faktor lingkungaan bawaan apa yang membetuk prilaku individu terhadap individu lain sehingga dapat dikatakan berbeda?
2. Bagaimana pandangan Miller dan Dollar terhadap prilaku mahasiswa atau mahasiswi dari beberapa daerah yang berbeda?
3. Bagaimana tinjauan dari psikologi mengenai prilaku mahasiswa atau mahasiswi terhadap lingkungan bawaan dari daerah asal terlepas dari Miller dan Dollar?

III. TUJUAN PENELITIAN
Adapun yang ingin dicapai oleh peneliti dalam tujuan penulisan laporan ini, antara lain adalah:
1. Untuk mendiskripsikan adanya perbedaan faktor lingkungan bawaan terhadap prilaku mahasiswa dari daerah asal.
2. Untuk mengetahui pandangan dan pendapat tiap-tiap mahasiswa atau mahasiswi dari daerah asal dan membandingkanya dengan daerh lain.
3. Untuk mengetahui tinjauan psikologi dengan adanya prilaku bawaan dari lingkungan sehingga prilakunya berbeda.
 
IV.    BATASAN PENELITIAN
 Dalam pembahasan laporan penelitian ini yang dijadikan obyek penelitian oleh penulis adalah factor perilaku bawaan dari lingkungan dari daerah asal berupa: perilaku dalam logat bahasa, berbicara, bersosialisasi, dan tingkat agresifitas prilakunya dengan membedakan prilaku dari daerah lain. Namun difokuskan pada mahasiswa atau mahasiswi yang berasal dari daerah Kediri, Malang, Madura, Jakarta dan Yogyakarta dan sedang melakukan studi dikampus Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, dipandang berdasarkan konsep teori Psikologi Miller dan Dollar.

 
BAB II
LANDASAN TEORI

Prilaku yang telah melekat pada diri Individu terhadap lingkungan bawaan telah memberikan respon tersendiri bagi individu lain. Fenomena tersebut sangat jelas ketika orang yang sedang berada dalam lingkungan yang berbeda individu tersebut cenderung lebih dominan dengan tingkah laku dari bawaanya. Miller dan Dollar salah satu tokoh yang mengembangkan teori behavioristik berpandangan bahwa tingkah laku manusia adalah dipelajari, oleh karena itu untuk memahami tingkah laku social dan belajar social, kita harus mengetahui prinsip-prinsip psikologi belajar. Menurut  Miller dan Dollar terdapat 4 prinsip dalam belajar yaitu dorongan (drive), isyarat (cue), tingkah laku-balas (response), dan ganjaran (reward). Keempat prinsip ini sangat kait-mengkait dan dapat saling dipertukarkan, yaitu dorongan menjadi isyarat, isyarat menjadi ganjaran dan seterusnya.
Dorongan adalah rangsang yang sangat kuat yang mendorong organisme (manusia atau hewan) untuk bertingkah laku. Stimulus-stmulus yang cukup kuat biasanya bersifat biologis seperti: lapar, haus, seks, kejenuhan dan sebagainya. Hal ini disebut dorongan primer (primary drive) dan menjadi dasar utama untuk motivasi. Pada manusia yang berbudaya tinggi, dorongan primer jarang menjadi kepentingan pokok kecuali dalam keadaan perang, bencana, kemiskinan, dan keadaan-keadaan darurat lainnya. Pada manusia yang berbudaya tinggi, dorongan-dorongan primer disosialisasikan menjadi dorongan sekunder (secondary drive), misalnya lapar disosialisasikan menjadi dorongan untuk makan-makanan tertentu (nasi atau roti), seks diasosiasikan menjadi hubungan suami istri dalam perkawinan, dorongan-dorongan primer lain disosialisasikan menjadi dorongan uang, pujian dan sebagainya. Menurut Miller dan Dollar semua tingkah laku didasari oleh dorongan, termasuk tingkah laku tiruan.
Isyarat adalah rangsang yang menentukan bila dan dimana suatu tingkah laku-balas akan timbul dan tingkah laku balas apa yang akan terjadi, isyarat disini dapat disamakan dengan rangsang diskriminatif. Dalam belajar social, isyarat yang terpenting adalah tingkah laku orang lain, baik yang langsug ditunjukkan kepada orang lain tertentu maupun yang tidak. Misallan; uluran tangan merupakan isyarat untuk berjabat tangan.
Mengenai tingkah laku balas Miller dan Dollar berpendapat bahwa organisme mempunyai hierarki bawaan dari tingkah laku-tingkah laku (innate hierarchy responses). Pada waktu organisme dihadapkan untuk pertama kalinya pada suatu rangsang tertentu, maka tingkah laku balas yang timbul berdasarkan hierarki tersebut. Baru setelah beberapa kali terjadi ganjaran dan hukuman, maka akan timbul tingkah laku balas yang sesuai dengan factor-faktor penguat tersebut. Tingkah laku balas yang sudah disesuaikan dengan factor-faktor penguat tersebut disusun menjadi hierarki resultan (resultan hierarchy of responses). Disinilah pentingnya belajar dengan cara coba dan ralat (trial and error learning). Dalam tingkah laku social, belajar coba dan ralat dikurangi dengan belajar tiruan (imitation learning) dimana seorang anak tinggal meniru tingkah laku orang dewasa untuk dapat memberikan tingkah laku balas yang tepat, sehingga ia tidak perlu membuang waktu untuk belajar dengan cara coba dan ralat. Di sinilah peran guru, orang tua dan orang dewasa dalam mendidik anak-anak dan generasi muda. Sedangkan ganjaran sendiri menurut Miller dan Dollar  adalah rangsang yang menetapkan apakah suatu tingkah laku balas akan diulang atau tidak dalam kesempatan lain.
Selanjutnya  Miller dan Dollar mengungkapkan ada tiga mekanisme tiruan, yaitu:
" Tingkah laku sama
Tingkah laku yang dimaksudkan, tingkah laku sama terjadi bila dua orang bertingkah laku balas sama terhadap rangsang atau isyarat yang sama. Misalnya: dua orang naik bis yang sama karena mereka sejurusan. Tingkah laku sama ini tidak selalu merupakan hasil tiruan, oleh karena itu tidak dibicarakan lebih lanjut oleh Miller dan Dollar .
" Tingkah laku tergantung
Tingkah laku tergantung timbul dalam hubungan antara dua pihak dimana salah satu pihak adalah lebih pintar, lebih tua atau lebih mampu dari pada pihak lain. Dalam hal ini pihak yang lain itu akan menyesuaikan tingkah lakunya (match) dan akan tergantung (dependent) pada pihak pertama. Misalnya: kakak adik sedang bermain menunggu ayah pulang, biasanya ayah membawa permen. Terdengar suara langkah kaki ayah, kakak segera berlari ke pintu. Adik ikut-ikutan lari, ternyata ayah membawa permen dan diberikan kepada adiknya. Adik yang semula hanya meniru tingkah laku kakaknya mendapat ganjaran, dilain waktu kalau adik mendengar langkah kaki ayahnya, ia langsung berlari kepintu walaupun kakak tidak ada.
" Tingkah laku salinan
Pada tingkah laku ini, seperti halnya pada tingkah laku tergantung, pada tingkah laku salinan, si peniru bertingkah laku atas dasar isyarat (berupa tingkah laku juga) yang diberiakan oleh model, demikian juga dalam tingkah laku salinan ini pengaruh ganjaran dan hukuman sangat besar terhadap kuat atau lemahnya tingkah laku tiruan.  
Tingkah laku tergantung dapat terjadi dalam empat situasi yang berbeda, yakni:
1. Tujuan (goal) sama tetapi tingkah laku balas bebeda, dalam keadaan ini kalau orang pertama mendapat ganjaran, sedangkan orang kedua tidak, maka orang kedua akan meniru tingkah laku orang pertama.
2. Si peniru mendapat ganjaran (berupa ganjaran sekunder) dengan melihat tingkah laku orang lain. Misalnya: anak kecil merasa senang melihat ibunya mengajak bermain ciluk-ba karena senang maka ia menirukan prbuatan ibunya dan ternyata ibunya lebih senang lagi dan tertawa atau memuji anak tersebut (ganjaran yang lebih luas lagi).
3. Si peniru membiarkan orang yang ditiru untuk melakukan tingkah laku balas terlebih dahulu, kalau berhasil, barulah ditiru.
4. Dalam hal ganjaran terbatas (hanya untuk peniru atau yang ditiru), maka akan terjadi persaingan antara model dan peniru. Peniru akan menirukan tingkah laku model untuk mendapat ganjaran.


BAB III
METODE PENELITIAN

1. Pendekatan dan Jenis Penelitian
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang dihasilkan dari tulisan atau ungkapan berupa tingkah laku yang dapat diobservasi dari individu. Sehingga pendekatan ini memusatkan perhatiannya pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudan dari satuan gejala dan prilaku yang ada dalam kehidupan individu.  Adapun alasan penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif atau uraian dan bukan berupa angka-angka. Data-data yang diperoleh berupa tulisan dan kata-kata yang berasal dari sumber-sumber atau informan yang dapat dipercaya.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti menggambarkan data dari hasil penelitian dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori dan dianalisis untuk memperoleh kesimpulan yang jelas. Sebelum dianalisis, data yang dihasilkan dari penelitian akan dideskripsikan terlebih dahulu. Sehingga dalam penelitian ini dapat memudahkan peneliti untuk mengkaji lebih dalam dengan sudut pandang psikologi.
2. Sumber Data
Adalah subyek dari mana data diperoleh dan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari:
a. Data Primer atau data dasar (primary atau basic data); ialah data dasar yang diperoleh peneliti dari orang pertama, dari sumber asalnya yang belum diolah dan diuraikan oleh orang lain. Dalam penelitian ini yang menjadi data primer adalah data yang diperoleh dari hasil observasi dan interveuw dengan obyek di lokasi penelitian, yakni dari tiap daerah mahasiswa atau mahasiswi yang studi dikampus Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
b. Data Sekunder (Secondary data); yaitu sumber data yang diperoleh dari bahan pustaka, mencakup antara lain seperti yang terdapat dalam buku-buku, majalah, internet serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pengaruh lingkungan bawaan terhadap prilaku individu.
3. Teknik Pengumpulan Data
Untuk melancarkaan proses penelitian dan pengolahan data, peneliti   menggunakan beberapa teknik, antara lain:
a. Observasi ialah metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung terhadap obyek yang diteliti guna mendapatkan gambaran yang nyata tentang perilaku yang berkaitan dengan pandangan tiap daerah mahasiswa atau mahasiswi dari adanya perbedaan faktor lingkungan bawaan terhadap prilaku individu. Sutrisno Hadi menganggap bahwa metode observasi sangat tepat untuk mengetahui obyek secara langsung, disamping itu observasi adalah teknik pengumpulan secara sistematis terhadap obyek yang diamatinya (fenomena). Dalam penelitian ini metode observasi digunakan untuk mencari informasi dan mengetahui kebenaran data yang benar-benar berasal dari daerah aslinya dan dimana ia dilahirkan, dengan melalui pendekatan personal dan dilanjutkan dengan interview atau wawancara dengan obyek yang diteliti.
b.   Alat-alat Penelitian
Untuk lebih memberikan kemudahan peneliti, hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi penelitian, maka peneliti mempergunakan metode alat Rating Skala, yakni suatu metode pencatatan gejala menurut tingkatan-tingkatanynya. Dalam Rating skala ini, akan diungkapkan beberap tingkah laku bawaan yang berupa perilaku dalam logat berbahasa, berbicara, bersosialisasi, dan tingkat agresifitas prilakunya.
4. Gambaran Obyek Dan Lokasi Penelitian
   Dalam penelitian pada tiap-tiap mahasiswa atau mahasiswi yang berbeda dari daerah asal dengan daerah lain, maka obyek yang dapat diteliti disini adalah mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari daerah Kediri, Malang, Madura, Jakarta dan Yogyakarta yang akan tampak prilakunya dalam suatu perkumpulan atau perbincangan biasa dikampus. Sedangkan lokasi yang dijadikan penelitian oleh peneliti disini adalah di dikampus Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, yang mahasiswanya berasal dari beberapa daerah yang berbeda.

NB: untuk Lanjutan makalah ini silahkan komen di bawah ini dan hubungi admin via FB, WA, BB, atau Twitter yang dicantumkan di banner

4 komentar:

  1. Blogwalking.. Salam Kena Ganl! :)) Mampir Yak!! Psycho Islam File - Kumpulan File Islam dan Psikologi http://psychoislam.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Kamarudin seorang TKI DI Malaysia pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet, mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran toto magnum angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor 085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: SITUS RESMI AKI WOWO






    Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Kamarudin seorang TKI DI Malaysia pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet, mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran toto magnum angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor 085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: SITUS RESMI AKI WOWO

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus