Perkembangan Sosial
Tahap Perkembangan Psikososial Erik Erikson
Perkembangan Moral
Stadium Penalaran Moral (Kohlberg, 1969)
Tingkat I Moralitas Prakonvensional | Stadium I | Orientasi Pada Hukuman ( mematuhi Peraturan Untuk Menghindari Hukuman) |
Stadium II | Orientasi pada hadiah (menyesuaikan diri untuk mendapatkan Hadiah, untuk mendapatkan penghargaan sebagai balasan) | |
Tingkat II Moralitas Konvensional | Stadium III | Orientasi Anak Baik (menyesuaikan diri untuk menghindari celaan orang lain) |
Stadium IV | Orientasi Otoritas (mematuhi hukum dan peraturan sosial untuk menghindari kecaman dari Otoritas dan perasaan bersalah karena “tidak melakukan Kewajiban”. | |
Tingkat III Memori Pasca Konvensional | Stadium V | Orientasi Kontrak sosial (tidakan ditentukan oleh prinsip secara umum seperti hal-hal yang penting bagi kesejahteraan masyarakat ; prinsip dipertahankan untuk mendapatkan penghargaan dari sebayanya, dan dengan demikian, menghormati diri sendiri. |
Perkembangan Kognitif
Stadium Perkembangan Kognitif Piaget
Stadium | Karakterisasi |
Sensorimotorik (Lahir – 2 tahun) | · Diferensiasi Self pada Objek · Mengenali self sebagai pelaku suatu tindakan dan mulai bertindak dengan sengaja: misalnya, menggoyang-goyangkan mainan untuk menghasilkan bunyi dll · Mencapai kepermanenan Objek: menyadari bahwa benda-benda terus ada walaupun tidak lagi tertangkap oleh indra |
Praoperasional (2 – 7 tahun) | · Belajar menggunakan bahasa untuk merepresentasikan Objek dengan citra dan Kata-kata · Pemikiran masih Egosentrik: mengalami kesulitan dan memandang dari sudut pandang orang lain · Mengklasifikasikan objek dengan ciri tunggal: sebagai contohnya, mengelompokkan semua balok merah tanpa memandang bentuknya atau semua balok persegi tanpa memandang warnanya. |
Operasional Konkret (7 – 11 tahun) | · Dapat berfikir secara Logis tentang Objek dan Peristiwa · Mencapai konservasi angka (Usia 6), dan Bobot (Usia 9) · Mengklasifikasikan objek menurut beberapa ciri dan dapat mengurutkannya secara serial mengikuti dimensi tunggal, seperti Ukuran. |
Operasional Formal (11 tahun dan lebih) | · Dapat berfikir secara logis tentang masalah Abstrak dan menguji Hipotesis secara Sistematik · Memperhatikan masalah Hipotetik, Masa depan, dan Ideologis |
Perkembangan Fisik dan Psiko motorik
Konsep | Proses | karakteristik |
Refleks |
| Bayiyang baru lahir terbatas pada gerak refleks – gerakan otomatis – membantu perilaku bayi yang baru lahir. |
Bayi mengisap adalah sauatu metode penting untuk memperoleh gizi dan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. | ||
Tinggi dan berat badan | Perubahan | Bayi dilahirkan normal mempunyai berat badan 7,5 pon dan akan bertambah 1 inci perbulan selama setahunnya |
Keterampilan Motorik kasar dan halus | Keterampilan motorik kasar | Keterampilan ini meliputi kegiatan-kegiatan otot besarseperti menggerakkan lengan untuk berjalan |
Keterampilan Motorik halus | Keterampilan ini lebih halus daripada keterampilan motorik kasarseperti keterampilan mengenggam dan meraih tangan ibu |
- Selanjutnya kemampuan tersebut akan berkembang terus menerus yang bisa digambarkan pada tabel tahap Epigenetika Psikososial Erik Erikson, maupun teori perkembangan kognitif Jean Piaget
Tidak ada komentar:
Posting Komentar